Sabtu, 22 Desember 2012

Total Quality Management (TQM)

Pengertian

Total Quality Management dapat didefinisikan dari tiga kata yang membentuknya, yaitu Total (keseluruhan), Quality (kualitas, derajat/tingkat keunggulan barang atau jasa), Management (tindakan, seni, cara menghandel, pengendalian, pengamatan). Dari tiga kata tersebut TQM dapat didefinisikan adalah sistem manajemen yang mengangkat kualitas sebagai strategi menuju pencapaian keunggulan bersaing yang berorientasi pada kepuasan pelanggan dengan melibatkan seluruh (total) anggota organisasi.

 Prinsip Dasar TQM :
1. Kesediaan manajement dalam melibatkan seluruh pendukung organisasi
2. Fokus pada pelanggan internal dan eksternal
3. Melibatkan dan mengunakan secara efektif seluruh kekuatan organisasi
4. Perbaikan secara terus menerus atas bisnis dan proses produksi
5. Melakukan pemasok sebagai teman (patner)
6. Menetapkan keberhasilan kinerja proses


http://www.expertrating.com/certifications/TotalQualityManagementCertification/TQMCOurseCoverage/Image1.gif
Gambar Inti TQM

inti dari TQM adalah bagaimana memberikan kepuasan kepada customer, baik itu mutu pelayanan dan mutu produk. semua bisa tercapai jika proses, system dan people saling terintegrasi satu sama lain. Dan semuanya itu dibarengi oleh comitment terhadap pencapaian perbaikan mutu serta mengkomunikasikan tujuan semua lini.


Manfaat TQM :

Perusahaan
  •  Terdapat perubahan kualitas produk dan pelayanan
  • Staf lebih termotivasi
  • Produktifitas meningkat
  • Biaya turun (cost reduction)
  • Produk cacat berkurang
Customer
  •  Pelanggan lebih diperhatikan
  • kepuasan pelanggan terjamin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar